RPP

Posted on Agustus 23, 2010

0


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2

Pertemuan : 2

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran

Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati

Kompetensi Dasar : 3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam

Tujuan : Siswa dapat menjelaskan karakteristik keanekaragaman hayati Indonesia, manfaat, dan cara melestarikannya

I. Indikator

• Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.

• Mendiskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.

• Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.

• Memberikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati.

• Membedakan pelestarian In situ dan ex situ.

II. Materi Ajar

• Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan

• Pembagian daerah fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber

• Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:

1. Hutan hujan tropis

2. Hutan musim

3. Sabana

4. Stepa

• Berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.

• Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ

III. Metode Pembelajaran

• Diskusi – Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)

• Guru menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati.

B. Kegiatan inti (70 menit)

• Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan.

• Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace.

• Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia.

• Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati.

• Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati.

• Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah dengan menggunakan Kegiatan 7.4. Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.

C. Kegiatan akhir (10 menit)

• Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman hayati Indonesia.

V. Alat/ Bahan/ Sumber

a. Buku kerja Biologi 1A, Esis

b. Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VII

c. Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah

VI. Penilaian

• Kliping tentang berbagai makluk hidup khas daerah

• Uji kompetensi tertulis

About these ads
Posted in: biologi